Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Beda Masakan Padang dan Masakan Sunda

Beda Masakan Padang dan Masakan Sunda

(119 Views) Januari 25, 2021 9:41 am | Published by | No comment

Saya dan beberapa teman SMA dari Bukitinggi memutuskan untuk bertemu setelah beberapa bulan di  rumah karena pandemi. Kami memutuskan untuk ke Bogor dan bertemu di sebuah cafe di sana. Sebelumnya makan siang dulu di restoran sunda. Ada alternatif lain, makan di Simpang Raya (rumah makan Padang), atau makan masakan Sunda. Kami 9 orang, 7 wanita dan 2 pria. orang Minang semua. Terjadi debat, untuk memutuskan untuk makan di rumah makan Padang atau rumah makan Sunda. Akhirnya diputuskan makan di rumah makan Sunda, karena waktu dan tempat yang memungkinkan dan sebagian dari kami ingin mencoba masakan lain selain masakan Minang.

Teman memesan tumis kangkung, karedok, tahu rebus, ikan goreng gurame, ikan bakar, udang balado, tahu dan tempe goreng, lengkap.  Kenyang.  Saya minum  es jeruk. Setelah selesai makan dan dalam perjalanan pulang, teman saya yang laki-laki berkomentar, kenyang tapi serasa belum makan katanya.

Saya paham yang dia maksud. Betul, rasanya sangat berbeda setelah makan, masakan Sunda dan makan nasi Padang. Tadi, saya mencoba hampir semua masakan yang dihidangkan ; ikan goreng, ikan bakar, karedok, udang balado, tumis kangkong, dan tahu goreng. Tapi tetap berbeda kalau makan nasi Padang, walau dengan gulai tunjang, gulai sayur kapau, sambal cabe ijo, dan rebus daun singkong, rasanya nikmat sekali setelah makan. Berbeda dengan masakan Sunda, walau tetap dapat menikmati masakan Sunda tersebut, tapi setelah makan tidak terasa “sensasi” seperti makan nasi padang. 

Apa ya yang berbeda antara masakan Padang dan masakan Sunda? Mungkin karena masakan Padang lebih banyak bumbu sangat terasa rasa ; pedas, asin, dan gurih. Sedangkan masakan Sunda lebih datar ; misal goreng ikan atau ikan bakar,  bumbunya tidak terlalu terasa. Kalau bumbunya terasa tapi kurang kaya. Berbeda dengan masakan Padang yang kaya bumbu.

Bagi saya, makan nasi Padang terus-menerus juga bosan. Saya selalu suka mencoba masakan baru yang sebelumnya belum pernah dicoba. Apalagi bermukim di Jakarta, kesempatan untuk mencoba berbagai macam masakan dari daerah di Indonesia dan di luar Indonesia sangat terbuka.

macam-macam lauk Padang rendang ayam, ayam balado, terung balado hijau, cabe hijau
Categorised in:

No comment for Beda Masakan Padang dan Masakan Sunda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *