Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Nasi Setengah dan Nasi Satu Porsi di Rumah Makan Padang

Nasi Setengah dan Nasi Satu Porsi di Rumah Makan Padang

(97 Views) Januari 21, 2021 3:49 am | Published by | No comment

Seorang teman di facebook komen, kalau di rumah makan Padang minta nasi setengah porsi, pasti tetap diberi satu porsi, hanya dikurangi sedikit. Kenapa? Berbeda dengan warung, nasi setengah diberi setengah porsi. Saya juga pernah minta sayur kapau sedikit, tapi tetap saja diberi banyak (satu porsi). Kenapa ? Karena mereka menghitung harga nasi untuk satu porsi, tidak untuk setengah ataupun dikurangi dari satu porsi. Harga satu porsi atau setengah porsi nilainya sama, misal harga 1 porsi nasi 7.000 rupiah, makan porsi nasi dikurangi sedikit, harganya tetap sama. Untuk itu, pegawai di rumah makan Padang, tidak enak hati untuk mengurangi porsi nasi yang telah ditentukan dari satu porsi menjadi setengah porsi, karena pelanggan harus membayar harga nasi untuk 1 porsi, walaupun dikurangi sedikit, karena permintaan pelanggan.

Jumlah nasi untuk dibawa pulang itu lebih banyak dibanding nasi  makan di tempat (rumah makan).  Saya pernah memperhatikan pegawai rumah makan Padang, mengambil nasi untuk makan di tempat dan dibawa pulang.

Nasi untuk makan di tempat menggunakan satu centong kecil, sedangkan nasi yang dibawa pulang, satu kantong kecil dan ditambahkan sedikit.

Jika pelanggan ingin nasi yang lebih sedikit, pegawai hanya mengurangi sedikit saja nasi dari centong itu, tapi tidak sampai setengahnya. Walaupun, pelanggan meminta nasi setengah porsi. Selain itu, jika porsi nasi dibagi dua (setengah) dari semestinya, terlalu sedikit, menurut pandangan penjual, tidak patut untuk porsi makan orang dewasa.

Kenapa nasi bungkus yang dibawa pulang lebih banyak dibandingkan nasi yang disajikan untuk makan di tempat. Filosofinya, agar tidak hanya pembeli nasi yang dapat makan, tapi keluarganya juga dapat menikmati nasi bungkus tersebut. Jadi nasi bungkus itu selalu di tambahkan dengan sayur (daun singkong rebus dan potongan ketimun) sambal cabe hijau, dan kuah yang banyak. Kita juga bisa minta tambahkan bumbu rendang. Jadi, walau hanya membeli 1 lauk (missal rendang atau ayam goreng), semua dapat makan enak, walaupun hanya dengan nasi bumbu gulai, cabe hijau, atau daun singkong.

Nasi yang disajikan untuk makan ditempat, lebih sedikit dan selalu disediakan nasi tambah dalam piring kecil yang porsinya tidak sebanyak nasi yang diletakkan di atas piring makan. Nasi tambah selalu disajikan bersamaan dengan nasi di atas piring, agar pada saat selesai makan dan pelanggan ingin menambah nasi, nasi tambah sudah tersedia. Jadi, nasi dihitung berdasarkan jumlah piring dan jumlah nasi tambah yang dimakan. Tapi ada juga, rumah makan yang meletakkan nasi di dalam tempat nasi, pelanggan bisa ambil secukupnya (kalau pelanggan lebih dari satu orang). Harga nasi dihitung berapa orang yang makan, walau nasi di tempat nasi habis atau tidak.

kalau lebih dari 1 orang, penjual akan meletakkan nasi di dalam tempat nasi, tapi kalau 1 orang, nasi diletakkan di atas piring (tergantung rumah makan)

No comment for Nasi Setengah dan Nasi Satu Porsi di Rumah Makan Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *