Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Tip Memilih Gulai Tunjang (Gulai Kikil)

Tip Memilih Gulai Tunjang (Gulai Kikil)

(13 Views) Mei 10, 2019 8:12 am | Published by | No comment



Saya suka gulai tunjang (biasa disebut kikil berasal dari kulit sapi bagian kaki), tapi tidak semua rumah makan Padang menyediakan gulai tunjang. Jika ada, bumbu gulainya tidak terasa atau tunjang (kikil) alot, belum dimasak dengan sempurna. Salah satu rumah makan yang menyediakan gulai tunjang dan rasanya enak, rumah makan nasi kapau di food court, Thamrin City, Jakarta. Bumbunya terasa, dan tunjang (kikilnya) tidak alot tapi juga tidak terlalu lembek.

Gulai tunjang ada dua jenis ; bagian kulit dan bagian urat. Saya selalu pilih bagian urat, karena rasanya lebih enak dibanding bagian kulit. Bagian urat ini ada bagian yang lunak, tapi ada yang garing, saya suka yang agak garing. Biasa, rumah makan padang menyediakan gulai tunjang bagian kulit.



Bagaimana kita bisa tahu gulai tunjang ini alot, bumbunya tidak terasa, rasa kunyit terlalu tajam, atau terlalu lunak ? Secara kasat mata, bisa dilihat dari warna gulai dan kekentalan gulai. Gulai yang warnanya agak pucat atau terlalu encer, kemungkinan bumbunya kurang banyak (medok). Tunjang (kulit) alot atau tidak, agak sulit dilihat secara visual, harus digigit, atau ditusuk dengan garpu.

Kenapa bumbu terasa pada saat tunjang (kulit) digigit, atau sebaliknya bumbu tidak terasa ? Karena kulit sapi direbus terpisah dari bumbu, sehingga rasa bumbu tidak masuk ke dalam kulit sapi (tunjang). Cara memasak seperti ini, bila gulai disajikan pada saat lebaran, sehingga pada saat disajikan, tunjang yang sudah direbus sebelumnya hanya dimasak sebentar dengan santan yang sudah dibumbu. Kalau tunjang langsung dimasak dengan santan dan bumbu dan dipanas-panaskan, kuah santan akan mengental. Jadi, pemanasan gulai (kuah) hanya dilakukan sekali-kali, atau tunjangnya disisihkan, hanya kuah yang dipanaskan agar santan tak basi.

Gulai (kuah) tunjang akan mengental jika dipanaskan. Jika gulai tunjang dibawa pulang dan tidak segera dimakan, dapat dimasukkan ke dalam freezer. Pada saat disajikan, keluarkan dan biarkan sampai mencair, setelah itu dikukus sampai kuahnya cair sempurna dan hangat. Hindari memasukkan ke dalam kuali, karena kuah gulai akan mengental dan mengering.




No comment for Tip Memilih Gulai Tunjang (Gulai Kikil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *