Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kaba » Tata Cara Pelayanan Di Rumah Makan Minang » Tata Cara Pelayanan Di Rumah Makan Minang

Tata Cara Pelayanan Di Rumah Makan Minang

(15 Views) Mei 10, 2019 8:07 am | Published by | No comment



Apa yang membedakan cara pelayanan di rumah makan Minang dengan rumah makan atau restoran lain? Setiap tamu yang datang, tanpa diminta, pegawai rumah makan akan segera membawa segelas teh pahit hangat dan kobokan. Setelah itu, pegawai yang lain menghidangkan semua lauk pauk dalam piring kecil, disusul sepiring nasi hangat. Proses ini hanya memakan waktu 5 menit, sangat cepat dan setiap pegawai mengetahui dengan pasti apa yang akan mereka kerjakan untuk melayani tamu. Sedangkan restoran lain, mereka akan memberikan daftar menu dan hanya mengeluarkan menu yang tamu pesan. Jika menu pesanan harus dimasak terlebih dahulu makan pesanan bisa sampai ke meja tamu antara 10-15 menit.

Kalau saya hanya ingin makan sate atau soto (disampaikan pada pegawai saat datang, agar lauk pauk tidak perlu disajikan), mereka hanya hanya menyediakan menu yang saya minta tanpa menghidangkan semua lauk pauk dalam piring kecil.

Bila rombongan 3-5 orang yang datang, dan kondisi restoran sedang ramai. Pegawai akan bertanya pada setiap tamu, apakah mereka akan makan atau tidak? Kenapa? Untuk memastikan apakah mereka akan menghidangkan teh pahit hangat, kobokan, dan nasi putih. Jika tamu hanya meminta jus, maka teh pahit dan kobokan tidak dihidangkan, kecuali tamu meminta teh pahit, pegawai segera memberi. Gratis.



Mereka juga mengatur posisi tamu yang datang berombongan 4-6 orang, agar berada dalam satu meja (tidak menggunakan 2 meja), misal meja 4 kursi (4 orang), bisa ditempati oleh 5-6 orang, jika restoran dalam keadaan ramai. Jika dalam keadaan sepi, tidak masalah tamu dengan rombongan 5 orang mengisi 2 meja.

Bagaimana dengan tamu yang memesan makanan untuk dibawa pulang? Tamu yang makan ditempat akan dilayani terlebih dahulu, dibandingkan tamu yang memesan makanan untuk dibawa pulang. Jika, tamu yang sudah selesai makan (di tempat) dan ingin memesan makan untuk dibawa pulang, akan dilayani setelah tamu yang baru datang (tidak makan di tempat) memesan makanan untuk dibawa pulang

Semua pegawai yang melayani tamu hanya laki-laki. Pegawai wanita hanya jadi kasir. Tapi di Bukittinggi ada 1-2 pegawai wanita yang melayani tamu sedangkan kasir laki-laki.




No comment for Tata Cara Pelayanan Di Rumah Makan Minang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *