Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kaba » Rumah Makan Padang Rumahan dan Bisnis

Rumah Makan Padang Rumahan dan Bisnis

(54 Views) Mei 2, 2019 1:09 am | Published by | No comment



Rumah makan Bareh Solok di rumah susun tanah abang merupakan bisnis keluarga. Saya datang pukul 11:00 WIB, belum semua masakan tersaji, masih ada beberapa menu yang sedang dimasak. Rumah makan itu bersambung dengan rumah. Ibu yang punya rumah makan masih memasak. Waktu saya datang, ia melayani sambil memasak. Nasi sudah matang, saya pilih gulai cincang dan ikan kecil goreng balado hijau. Jenis lauk pauk mencapai 15 jenis antara lain ; ayam balado merah, gulai cincang, ikan asam padeh, tumis sayur kacang panjang dan kol, ikan cabe hijau, telur bulat balado, ikan gurame goreng. Tapi jumlahnya tidak banyak ; ikan gurame goreng antara 5-7 ekor, telur balado 8-10 buah, ayam goreng balado dada dan paha kurang dari 10 potong. Serba sedikit, tapi jumlahnya tetap banyak. Kadang – kadang ada sop daging. Selesai makan, ibu yang tadi memasak dan melayani saya, juga merangkap sebagai kasir. Tak lama ada dua orang anaknya yang membantu membersihkan daun singkong dan memasak. Dari sini rumah makan Padang berawal dan berkembang.



Beberapa rumah makan Padang diawali dari bisnis keluarga, antara lain seperti rumah makan Simpang Raya, Sederhana, Sari Bundo, Natrabu, dan rumah makan padang yang sudah mempunyai cabang dimana-mana. Semakin lama semakin besar maka bisnis keluarga itu menjadi bisnis yang dikelola secara professional. Ada pembagian tugas antara ; pemilik, tukang masak, kasir, dan pegawai yang menghidangkan lauk pauk.

Pada saat masih berupa bisnis keluarga, semua dikelola oleh keluarga ; anak, saudara, dan menantu. Tapi ketika menjadi professional, semua mempunyai tugas masing-masing, termasuk tukang masak. Tukang masak yang memasak rendang atau gulai berbeda dengan tukang masak untuk menu goreng ayam atau goreng ikan. Kemampuan meracik bumbu untuk gulai dan rendang berbeda dengan meracik menu untuk ayam goreng.

Salah satu rumah makan di Bukittinggi terkenal dengan menu rendang, tapi tak lama rasa rendangnya tidak sama lagi, muncul rumor bahwa tukang masak rendang di rumah makan itu sudah pindah ke Pekanbaru. Pelanggan selalu tahu rasa menu masakan masing-masing rumah makan, karena mereka membeli secara teratur dan sudah mengetahui “rasa”, masakan itu.




No comment for Rumah Makan Padang Rumahan dan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *