Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Bukittinggi » Restoran Family Benteng Bukittinggi

Restoran Family Benteng Bukittinggi

(248 Views) November 4, 2018 10:13 am | Published by | No comment



Restoran family di Benteng merupakan salah satu restoran yang sudah lama berdiri di Bukittinggi. Tahun 1980-an, saya sudah makan di restoran itu. Salah satu menu yang paling terkenal ayam pop, ayam yang direbus dengan air kelapa dan bumbu-bumbu, digoreng sebentar sebelum disajikan. Warna ayam pop masih putih, digoreng dengan minyak panas, berkilat-kilat.

Ayam dimakan dengan  sambal balado, dan daun singkong. Rasa ayam sedikit manis, daging empuk, dicocol dengan sambal balado dicampur tomat, tidak terlalu pedas. Daun singkong hanya direbus, airnya dikeringkan, daun singkong pucuk, muda, dan renyah. Ayam pop berupa bagian dada, bagian paha dan hati ampela yang ditusuk sate diletakkan dalam satu piring. Sambal balado dan daun singkong rebus diletakkan dalam piring kecil terpisah, di dalam piring sambal balado terdapat satu iris potongan tomat besar.

Jika dalam satu piring ayam pop hanya ingin bagian dada dan bagian paha saja, bisa dipesan ke pegawai restoran. Jika ingin membawa pulang, saya selalu meminta penjual memisahkan antara nasi, ayam pop, sambal, dan sayur singkong rebus. Agar sambal balado tidak menyerap ke dalam ayam.




Seperti restoran Padang lainnya, restoran family menyediakan menu khas Minang lain, misal gulai babat, dendeng balado, gado-gado disiram bumbu kacang, dendeng paru, gulai ayam, ikan bakar, ikan tongkol asam padeh. Bermacam-macam jus : jus alpukat, jeruk, wortel. Penyajian menu diletakkan di dalam piring-piring kecil. Jumlah makanan dalam masing-masing piring antara 1-2 potong lauk tergantung besar kecil lauk.

Tahun 2000-an restoran family membuka cabang di Jl. Sudirman no. 79 Bukittinggi, karena jumlah pengunjung restoran family semakin bertambah. Restoran yang di benteng diperluas sampai ke halaman samping restoran. Lokasi di Jl. Sudirman terletak di jalur jalan utama, Lokasi ini, lebih mudah dicapai saat memasuki kota, dari Padang, atau Padang Panjang. Suasana restoran family di benteng, lebih menyenangkan, karena lebih dekat dari rumah, tidak ramai, suasana benteng yang sepi, dan sejuk. Jarak dari jam gadang ke restoran family tidak jauh, kira-kira membutuhkan waktu 15 menit, dengan jalan kaki. Buka tiap hari sampai malam (pukul 21:00 WIB). Hari Lebaran pertama sampai ke tiga, restoran ini tutup.



No comment for Restoran Family Benteng Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *